Cari Tahu Apa Itu Fibrilasi Atrium & Ventrikel Di Sini

Fibrilasi Atrium – Pada jantung manusia terjadi sesuatu yang luar biasa, yang tidak seorangpun menyadarinya. Jantung berdetak dengan irama yang tersinkronisasi.Ketika kita belajar Biologi di sekolah, kita mengetahui ada dua jenis ruang pada jantung manusia yaitu Atrium dan Ventrikel. Keduanya berdenyut saling bergantian, Atrium memompa darah menuju ke Ventrikel yang kemudian dari ventrikel darah akan dialirkan ke seluruh tubuh.

Ada berbagai macam gangguan pada jantung manusia, diantara kelainan pada jantung dikarenakan dua macam getaran yang tidak teratur dari dua bagian jantung tersebut. Kondisi itu sering disebut dengan istilah Atrial Fibrillation (AFib) atau Fibrilasi Atrium dan Ventrikel Fibrillation (VFib) atau Fibrilasi Ventrikel. Apa perbedaan antara keduanya ? Berikut ini pembahasannya.

Atrium Fibrillation (AFib) / Fibrilasi Atrium

Fibrilasi Atrium Dan Ventrikel

Fibrillation atau Fibrilasi dalam bahasa Indonesia berarti bergetar dengan getaran tertentu. Namun dalam bahasa kedokteran Fibrilasi adalah sebuah getaran yang tidak teratur. Jika kondisi ini terjadi pada dua bilik jantung bagian atas yaitu atrium, maka ini disebut Atrium Fibrillation atau disebut juga “atrial”. Apa efek yang ditimbulkan pada tubuh seseorang akibat dari Atrial Fibrillation (AFib) ?

Diatas telah disebutkan bahwa dalam setiap detak jantung, darah dipompa dari ruang atas menuju ruang bawah yaitu dari atrium menuju ke ventrikel. Namun ketika terjadi Fibrilasi Atrium (AFib), Atrium jantung tidak lagi dapat memompa darah sehingga darah akan mengalir secara pasif. Dalam kondisi ini pada atrium tidak sepenuhnya kosong.

Menurut beberapa sumber, Fibrilasi Atrium (AFib) biasanya tidak mengancam jiwa, namun hal ini masuk dalam kondisi medis yang serius dan harus segera mendapatkan penanganan. Karena apabila dibiarkan akan menimbulkan komplikasi yang dapat berujung pada kematian.

Komplikasi paling serius yang terjadi akbiat dari Atrial Fibrillation diantaranya stroke, serangan jantung dan juga penyumbatan pembuluh darah. Hal ini karena darah tidak terpompa secara cepat dari atrium, hal tersebut mengakibatkan penggumpalan darah atau darah berair.

Ventrikel Fibrillation (VFib)/ Fibrilasi Ventrikel

Berbeda dengan Fibrilasi Ventrikel (VFib), satu kondisi dimana aktivitas listrik tidak teratur yang terjadi pada ventrikel jantung , mengakibatkan otot jantung tidak berkontraksi memompa darah. Kondisi ini cukup berbahaya, karena kita ketahaui, bahwa darah dari ventrikel disalurkan ke seluruh tubuh.

Apabila dibiarkan hal ini dapat mengakibatkan kematian mendadak. Satu – satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi Ventrikel Fibrillation adalah dengan kejutan listrik menggunakan alat Defibrillator. Jika pemberian kejutan listrik tersebut dilakukan pada waktu yang tepat hal ini dapat mengembalikan kondisi ventrikel pada irama normal.

Seseorang yang telah mengalami VFib lebih dari satu kali, dokter akan menyarankan untuk memasang alat kejut jantung (Implan) pada dada anda yang terhubung ke jantung. Alat ini mendeteksi secara otomatis ketika ada kondisi Fibrilasi pada jantung, alat tersebut akan bekerja memberikan kejutan listrik sehingga kembali pada kondisi normal.

Mencegah Dan Mengobati Fibrilasi Atrium Dan Ventrikel

Pola hidup sehat menjadi solusi terbaik agar kita bisa terhindar dari kondisi menegangkan tersebut. Pola hidup yang tidak sehat menyumbang berbagai macam penyakit yang timbul pada tubuh kita. Berikut beberapa hal yang sekiranya perlu kita lakukan.

  • Berhenti merokok
  • Hindari alkohol dan cafein
  • Usahakan berat badan yang ideal
  • Mengontrol kolesterol
  • Monitor tekanan darah
  • Obati beberapa masalah yang dapat berdampak pada kesehatan jantung anda seperti obesitas, diabetes dan juga sleep apnea

Jika anda mungkin telah terdiagnosa menderita kelainan Atrial Fibrillation dan Ventrikel Fibrillation, tetaplah tenang dan berkonsultasilah kepada dokter anda untuk membicarakan perawatan yang tepat dan mencoba untuk mengubah pola hidup anda menjadi lebih baik lagi. Sekian, semoga bermanfaat !