Ini Dia Alat Kesehatan Yang Perlu Anda Sediakan Di Rumah

Alat Kesehatan di Rumah – Kita semua telah mengetahui ada banyak macam sekali macam dan ragam alat kesehatan di rumah sakit. Alat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari fungsi rumah sakit dan klinik sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat. Sebagaimana fungsi alat kesehatan yang termaktub dalam Permenkes RI yaitu sebagai alat diagnosis, mencegah, merawat dan juga menyembuhkan.

Pernahkah terlintas di benak anda untuk membuat rumah serasa seperti di klinik dengan instrument medis yang sederhana ? Sekedar untuk melayani penghuni rumah ?Dan mungkinkan ini bisa kita lakukan ? Tentu saja sangat mungkin dan sangat bisa. Sekarang banyak sekali alat – alat medis yang didesain portable dan bisa digunakan oleh siapa saja meskipun tidak memiliki latar belakang paramedis.

Berikut ini, sekedar informasi tentang beberapa jenis alat – alat kesehatan yang bisa kita miliki dan kita gunakan dirumah dengan beberapa macam pertimbangannya.

Macam Alat Kesehatan Home Care

1. Termometer

alat kesehatan home care

Tentu anda tidak asing lagi dengan alat ukur yang satu ini. Ada berbagai jenis termometer dan salah satunya yag masuk dalam kategori alat medis adalah termometer badan. Fungsinya untuk mengukur dan mengetahui suhu tubuh. Hal ini cukup penting, ketika ada anggota keluarga kita yang terkena demam. Dengan mengetahui lebih awal berapa suhunya kita dapat lebih mudah melakukan tindakan untuk mengatasinya.

2. Tensimeter

alat kesehatan di rumah

Selain termometer, ada juga tensimeter. Alat ini juga termasuk alat ukur. Yaitu alat pengukur tekanan darah. Alat ini cocok sekali kita sediakan dirumah, terlebih lagi anda atau keluarga anda ada yang membutuhkan pemantauan tekanan darah setiap saat. Kita tidak perlu ke dokter apabila hendak mengetahui atau mengecek kondisi tekanan darah. Dengan demikian, kita akan lebih mudah mengambil tindakan yang saat sesuatu terjadi.

Ada dua macam jenis tensimeter yang ada di pasaran. Yaitu tensimeter manual dan tensimeter digital. Tensi manual terdiri dari dua jenis yaitu tensimeter jarum (aneroid) dan tensimeter air raksa. Anda bisa pilih dari dua macam jenis tersebut untuk anda gunakan di rumah.

Artikel terkait : Cara menggunakan tensimeter jarum ternyata tidak sulit

3. Kotak P3K

kotak p3k

Kotak ini juga amat penting dan layak menjadi alat kesehatan yang kita sediakan di rumah. Kotak ini berisi berbagai macam obat – obatan dan peralatan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan. Di kotak ini kita juga bisa menyimpan obat – obatan yang dapat kita gunakan sewaktu – waktu. Selain itu peralatan medis yang ada di dalam kotak ini juga cukup lengkap, mulai dari kapas, plester, obat luka, pembersih luka dan lain sebagainya.

4. Pispot

alat kesehatan home care

Pernahkah anda mendengar nama alat ini ? Sepertinya tidak terlalu asing di telinga kita. Pispot atau terkadang disebut dengan istilah urinal, merupakan alat bantu untuk buang air kecil. Yakni toilet portable, sehingga anda tidak perlu berjalan ke kamar mandi ketika akan buang air kecil. Alat ini biasanya terbuat dari plastik, walaupun sebagian ada yang terbuat dari stainless.

5. Multi Check

alat kesehatan home care

Sekarang jamannya portable, dari mulai komputer hingga alat medis seperti multi check. Alat ini berfungsi untuk mengukur kadar gula darah, kolesterol, asam urat dan sebagian ada yang dilengkapi dengan alat ukur HB. Untuk anda yang kebetulan mengidap penyakit gula, atau asam urat tinggi, tentu saja alat ini sangat cocok anda siapkan di rumah. Dengan alat ini, anda tidak perlu ke lab atau ke rumah sakit untuk melakukan cek glukosa atau asam urat anda.

Tentu saja alat medis home care atau alat – alat kesehatan yang bisa kita sediakan di rumah tidak hanya itu. Masih ada banyak lagi yang lainnya seperti masker, nebulizer, oksigen concentrator, oxycan, kursi roda, dan alat – alat lainnya. Untuk mengetahui nama – nama alat kesehatan lebih lengkap bisa merujuk ke sini Mudah – mudahan ulasan singkat ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk pembaca sekalian. Sekian dan selamat beraktifitas !

Baca juga : Macam alat sterilisasi di rumah sakit 

Loading...