Beberapa Macam Penyimpangan Sosial Di Masyarakat

Penyimpangan sosial merupakan fenomena yang kerap terjadi di masyarakat, dimana pada situasi tersebut terdapat pelanggaran – pelanggaran norma yang bertentangan dengan kedinamisan kelompok atau masyarakat umum. Sederhananya, penyimpangan sosial bisa diartikan sebagai pelanggaran peraturan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai macam – macam penyimpangan sosial.

macam jenis penyimpangan sosial

Macam – Macam Penyimpangan Sosial dan Contohnya

Untuk memudahkan dalam pemahaman tentang penyimpangan sosial, perhatikan contoh penyimpangan sosial di bawah ini :

1. Tawuran Pelajar

Tawuran Pelajar bisa dipicu karena berbagai latar belakang misalnya kekalahan dalam kompetisi, masalah individu atau antar pelajar yang menjalar pada permasalahan kelompok, pembuktian kekuatan, dan lain – lain. Hal ini dianggap tidak wajar dan menyalahi aturan, meski dengan alasan apapun. Tawuran sangat merugikan dan bisa menyebabkan korban jiwa.

2. Narkoba

Sesuai dengan norma agama dan norma sosial di masyarakat, penggunaan narkoba, psikotropika, dan zat aditif sangat dilarang kecuali untuk pengobatan. Akan tetapi, sebagian orang memakainya hanya untuk bersenang – senang, gaya hidup, atau untuk bisnis. Seperti yang diketahui bahwa bisnis narkoba memberikan untung berlimpah. Namun, apapun itu semua tidak dibenarkan.

3. Hubungan Seksual Di Luar Nikah

Maraknya budaya pacaran dan pergaulan bebas di usia remaja, membuat angka kasus hubungan seksual di luar nikah meningkat setiap tahunnya. Ini berlaku juga pada kasus pemerkosaan, pelecehan seksual, dan kekerasan seksual.

4. Perjudian

Indonesia adalah salah satu negara yang melarang segala macam praktik perjudian. Dari perjudian yang bersifat tradisional seperti bermain kartu dan sabung ayam hingga perjudian bola secara online. Selain dilarang oleh pemerintah dan menyalahi aturan negara, perjudian juga merupakan perilaku yang menyimpang dari norma agama.

5. Mabuk – Mabukan

Pemakaian alkohol dalam batas penggunaan yang sudah ditentukan misalnya untuk masakan atau pengobatan masih tergolong wajar dan diperbolehkan. Akan tetapi jika digunakan untuk mabuk – mabukan, maka itu sudah menyalahi aturan. Mabuk – mabukan terbukti berpotensi membuat seseorang melakukan penyimpangan sosial lain seperti kebut – kebutan, pemerkosaan, dan lain – lain.

√ Jenis Penyimpangan Sosial Berdasarkan Tipenya

1. Penyimpangan Sosial Primer

Adalah penyimpangan sosial yang sifatnya sementara atau temporer. Pelaku umumnya melakukan pelanggaran norma atau aturan secara tidak terus menerus. Contoh nyata dari penyimpangan sosial primer adalah melanggar lampu lalu lintas dan terlambat datang ke sekolah.

2. Penyimpangan Sosial Sekunder

Kebalikan dari jenis penyimpangan sosial primer, pelaku akan melakukan pelanggaran secara terus menerus. Hal ini biasanya dilatar belakangi oleh kebiasaan yang memang sudah sulit untuk dihilangkan, sebab ia sudah mengakar. Misalnya adalah budaya mencontek di kelas, merokok, dan kebiasaan minum minuman keras atas dasar alasan untuk stamina.

√Jenis Penyimpangan Sosial Berdasarkan Sifatnya

1. Penyimpangan Positif

Meskipun melakukan hal yang bertentangan dengan aturan sosial, namun tidak semua penyimpangan sosial itu termasuk dalam tindakan negatif. Istilahnya “berbohong demi kebaikan”. Berbohong memang dosa, namun jika sudah dalam keadaan terdesak dan untuk kebaikan maka menjadi diperbolehkan.

2. Penyimpangan Negatif

Penyimpangan negative adalah apabila seseorang melakukan hal yang menyalahi aturan dan berakibat negatif baik untuk dirinya maupun orang lain. Misalnya pencurian, perampokan, pembunuhan dan lain – lain. Hal – hal tersebut termasuk penyimpangan yang tentu saja tidak dibenarkan dalam kondisi apapun.

√ Macam Penyimpangan Sosial Menurut Pelakunya

1. Penyimpangan Individu

Penyimpangan ini dilakukan secara perorangan. Contohnya adalah pembangkangan, pelanggaran lalu lintas, munafik, pencurian, dan lain – lain sejenisnya

2. Penyimpangan Kelompok

Penyimpangan sosial jenis ini biasanya dilakukan secara berkelompok, minimal dua orang. Contohnya tawuran, pemberontakan kelompok, kerusuhan geng motor, dan lain sebagainya.

3. Penyimpangan Campuran

Biasanya perilaku penyimpangan ini dilakukan perseorangan tetapi atas dasar latar belakang kelompok. Misalnya Badru adalah siswa kelas 2 SMP, kemudian teman – temannya dari sekolah lain mengiriminya pesan singkat untuk membolos mengikuti mereka menonton sepakbola. Lalu, Badru membolos meninggalkan sekolah demi untuk menonton bola bersama teman – temannya.

√ Jenis Penyimpangan Sosial Yang Terdapat Dalam Kehidupan Masyarakat

1. Penyimpangan Non – Conform

Merupakan perilaku yang menyalahi aturan – aturan dasar dalam kehidupan bermasyarakat. Contohnya adalah tidak memakai seragam yang benar saat bersekolah.

2. Penyimpangan Tindakan Anti – Sosial

Penyimpangan ini berupa tindakan yang bertolak belakang dengan perilaku atau kebiasaan masyarakat umum. Misalnya bunuh diri, mengurung diri, dan idak bersosialisasi dengan tetangga sekitar.

3. Kriminal

Tindakan ini bisa terjadi akibat dorongan untuk pemenuhan kebutuhan. Contohnya korupsi, mencuri, mengutil, mencopet, dan lain – lain.

√ Macam – Macam Penyimpangan Sosial Berdasarkan Penyebabnya

1. Penyimpangan Karena Faktor Internal

Faktor internal disini maksudnya adalah penyebab yang datang berasal dari dalam diri si pelaku. Hal – hal tersebut meliputi tingkat kecerdasan, posisi dalam keluarga, usia, jenis kelamin, dan sifat. Misalnya adalah anak kecil yang merusak perabotan, anak yang terlahir dengan sindrom tertentu, dan orang tua yang tak melakukan penyimpangan dikarenakan faktor usia dan kesehatan yang sudah berkurang.

2. Penyimpangan Karena Faktor Eksternal

Perilaku pelanggaran ini didasari faktor dari luar diri si pelaku, misalnya karena lingkungan pekerjaan, kehidupan rumah tangga, dan media sosial. Contohnya adalah remaja yang terjerumus dalam pergaulan bebas karena hubungan keluarganya yang tidak harmonis.

Loading...