Inilah Beberapa Jenis Pisang Yang Cocok Anda Buat Keripik

Cemilan yang renyah namun sehat sekarang ini sudah banyak di pasaran. Salah satunya adalah keripik pisang dengan jenis pisang untuk keripik yang sangat beragam. Selain dapat digunakan sebagai makanan kecil tentunya pisang dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat.

Meskipun banyak sekali yang sudah dijual di pasaran, namun membuat sendiri di rumah terkadang memiliki sensasi tersendiri bukan? Tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari tahu jenis pisang yang akan Anda gunakan.

Terdapat beberapa jenis pisang untuk keripik yang dapat Anda temukan dengan mudah. Masing-masing memiliki rasa yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tentu saja ada pisang yang memberikan rasa gurih, manis, bahkan beberapa cukup asin dan membutuhkan bumbu tambahan. Selain itu ketika Anda memilih pisang untuk keripik, tidak harus menggunakan pisang yang mentah.

Beberapa keripik harus matang ketika digunakan untuk hasil yang keripik yang lezat. Berikut beberapa jenis pisang yang dapat Anda gunakan :

  • Pisang Ambon.
    jenis pisang untuk keripikPisang ini sering digunakan sebagai bahan utama makanan ataupun minuman, salah satunya adalah untuk membuat keripik. Warna dari kulit ini adalah hijau terang hingga warna hijau dan kekuningan.Kelebihan dari pisang ini adalah memiliki daging yang tebal dan tentunya lembut ketika dikonsumsi. Apabila Anda ingin membuat keripik yang manis, maka pisang Ambon dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat memilih dua jenis pisang yaitu Ambon lumut dan juga Ambon kuning.
  • Pisang Kepok.
    jenis pisang untuk keripik

    Ciri-ciri pisang untuk keripik ini adalah bentuknya yang gepeng atau tipis dan bersegi. Hal ini membuat buah dari pisang Kepok lebih kecil dibandingkan pisang lainnya. Selain itu kulit buah pisang ini sangatlah tebal. Pisang Kepok ini memiliki dua jenis pisang yaitu putih dan kuning. Apabila Anda ingin memiliki rasa yang manis, maka pisang Kepok kuning adalah pilihan yang tepat.

    Pisang Kepok kuning memiliki buah yang jauh lebih padat dibandingkan Kepok putih. Apabila Anda sering mendengar nama pisang kapas, maka pisang Kepok putih ini adalah julukan dari nama pisang tersebut.

  • Pisang Nangka.
    jenis pisang untuk keripik
    Pisang dengan kulit agak tebal ini memiliki warna yang unik. Warna dari daging pisang ini memiliki warna kuning dan kemerahan. Apabila Anda ingin rasa pisang yang manis dan sedikit asam, maka pisang Nangka dapat menjadi jawabannya.Selain keunikan tersebut, ukuran buah pisang juga cukup besar yaitu sekitar 28 cm. Tentunya dengan bentuk yang cukup besar tersebut Anda dapat memilih pisang ini untuk mendapatkan keripik dalam jumlah yang cukup banyak.
  • Pisang Tanduk.
    jenis pisang untuk keripik
    Terakhir, pisang yang dapat Anda gunakan adalah pisang Tanduk yang memiliki tekstur memanjang. Pisang ini adalah jenis yang sering digunakan untuk keripik pisang dan sering dijual di pasaran.Panjang dari pisang ini adalah 30 cm dan kulitnya yang berwarna hijau menandakan jika pisang tersebut masih sangat mentah.Pilihlah pisang dengan warna kuning kemerahan dan terdapat bintik-bintik coklat yang menandakan jika pisang tersebut sudah cukup matang untuk diolah menjadi keripik. Rasa dari pisang Tanduk adalah manis dan asam yang sangat sesuai untuk cemilan di rumah.

Tentunya setelah mengetahui jenis pisang untuk keripik pisang yang ada di atas, Anda tinggal memilih pisang mana yang memiliki tekstur paling tepat untuk cemilan Anda. Sebenarnya apabila dimungkinkan, terdapat beberapa trik untuk memberikan rasa pisang terbaik untuk keripik. Tentu saja caranya adalah menambahkan sedikit pemanis ke dalam adonan keripik pisang Anda. Anda bebas memberikan tambahan rasa pedas, asin ataupun gurih jika memang diperlukan.

Sekarang ini, memilih jenis pisang untuk keripik pisang coklat adalah hal yang populer karena rasanya yang sangat lezat. Sebenarnya Anda dapat menggunakan jenis pisang yang mana saja, namun pilihlah pisang yang tidak terlalu matang untuk membuat keripik pisang coklat. Setelah dipotong dan diberikan adonan tipis, Anda dapat memberikan taburan coklat dan dilumurkan pada keripik tersebut. Usahakan bahwa coklat bubuk yang Anda gunakan adalah jenis yang bagus agar rasanya semakin lezat.

Selain mengetahui jenis pisang yang enak untuk keripik, pastikan bahwa adonan yang Anda gunakan memiliki takaran air yang tepat. Pisang yang tidak begitu matang akan memiliki takaran pati yang tepat yaitu 16,5 hingga 19,5 persen. Usahakan bahwa adonan untuk keripik Anda juga tidak terlalu kental namun cukup sesuai untuk menggoreng pisang Anda.

Wajib dicoba : Pisang Goreng Paling Unik di Indonesia

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk membuat keripik pisang Anda sendiri? Apabila Anda sudah memilih jenis pisang untuk keripik yang tepat, Anda tinggal mengirisnya sesuai dengan kebutuhan Anda, kupas dan bersihkan pisang Anda dari serabut putih dan keripik pisang yang sudah digoreng siap disantap. Keripik pisang memiliki jangka waktu yang lama, dan dapat disimpan dalam suhu ruangan yang baik.

Loading...