Tips Mengajari Anak Berjilbab Sejak Dini

AmatiNews – Jilbab atau Hijab atau kadang disebut juga dengan kerudung, merupakan satu pakaian wanita yang wajib dikenakan saat keluar rumah atau saaat – saat tertentu. Hal ini merupakan satu penghormatan bagi kaum wanita muslimah agar mudah dikenali dan tidak diganggu, sebagaimana telah disebutkan dalam Al-Quran.

Sebagai orang tua yang memiliki anak perempuan, tentu saja ingin agar anaknya juga mengetahui dan mau mematuhi kewajiban ini. Oleh karena itu, perlu ditanamkan dan diajari sejak dini. Ada berbagai macam cara atau metode yang digunakan. Beberapa diantaranya bisa diambil dari tips mengajari anak berjilbab di artikel ini.

Berikut ini ada beberapa opsi yang berhasil saya himpun dari berbagai sumber dan saya padukan dengan pengalaman serta pengamatan pribadi. Sehingga tidak mutlak anda harus setuju dengan beberapa tips berikut ini :

Tips Mengajari Anak Berjilbab

1. Keteladanan Orang Tua

Tips pertama yang menurut saya adalah yang paling penting dan utama yaitu keteladanan dari orang tua. Bagaimana mungkin anaknya mau mengenakan jilbab sedangkan ibunya enggan berjilbab ? Nah, di sinilah kunci sukses mengajari anak perempuan kita berjilbab sejak dini.

Perlihatkanah kebiasaan mengenakan jilbab sehari – hari kepada anak – anak perempuan kita. Tidak hanya orang tua, semua anggota keluarga perempuan hendaknya juga melakukannya. Sehingga dengan demikian, anak tidak asing dengan jilbab. Seolah – olah kita sudah berkata kepadanya jilbab ini kewajiban yang harus dijaga.

Pendidikan dan madrasah pertama di kehidupan anak kita adalah keluarga dan keteladanan orang tua. So, berikan contoh yang terbaik untuk anak – anak kita. Agar mereka juga mengikuti perintah yang kita ajarkan kepadanya.

2. Kenalkan Dan Ajari Cara Menggunakan Jilbab

Kenalkan jilbab kepada anak – anak perempuan kita layaknya sebuah iklan di tivi atau di media lainnya. Sehingga mereka tertarik dan ingin menggunakannya. Jadikan jilbab sebagai tren pakaian anak perempuan di keluarga. Dan jangan lupa, belikan dia jilbab dan kemudian ajari cara mengenakannya.

Jika anak kita masih balita, mulailah dengan membelikan jilbab yang sederhana, mudah digunakan, tidak panas dan juga lucu. Mereka akan sangat tertarik untuk mengenakannya. Sekarang sedang tren juga ko, jilbab untuk bayi dan anak balita. Seperti brand Rifara Hijab yang menyediakan berbagai model jilbab untuk anak – anak, bayi dan balita.

3. Ingatkan Ketika Lupa, & Berilah Hadiah

Anak – anak sangat wajar bila terlupa, kita juga sebagai orang tua sering terlupa. Maka, jangan segan – segan mengingatkan ketika mereka lupa mengenakan jilbabnya. Tentu saja deengan bahasa yang baik dan lembut agar mereka tidak gentar.

Kemudian sesekali berikan ia hadiah. Karena hadiah akan menimbulkan kesan tersendiri kepada mereka. Merka akan senantiasa berusaha menjaganya. Hadiah juga memberikan pengertian kepada mereka bahwa hal yang sudah mereka lakukan adalah hal yang benar – benar penting dan layak untuk diberi apresiasi yang lebih. Terangkan juga bahwa ada hadiah yang lebih besar lagi yaitu pahala di sisi Alloh yang menguasai alam semesta ini.

Baca juga : Kewajiban menutup aurat bagi muslimah

Saya rasa tidak perlu panjang – panjang ulasan mengenai tips mengajari anak berjilbab di kesempatan ini. Mungkin banyak kesalahan kata yang saya tuliskan mohon untuk dikoreksi dan dibenarkan. Semoga apa yang saya tulis dapat memberikan manfaat untuk anda yang membacanya. Sekian dan selamat beraktifitas.

Leave a Reply