Cari Tahu Di Sini Mengapa Wanita Wajib Menutup Aurat !

Sebagai seorang wanita yang menganut agama Islam, sebenarnya kita sangat dilindungi dan dihormati. Kita dijunjung kehormatannya dan sangat dihargai. Itu sebabnya, ada banyak adab berpakaian bagi wanita yang diatur dalam Islam agar wanita terlindung dan terjaga kehormatannya. Berbeda dengan pria, aurat wanita yang perlu ditutup termasuk seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Hal ini tentunya bukan tanpa sebab. Hal ini untuk menjaga wanita itu sendiri dari banyak hal yang dapat mengganggu mereka. Nah, kewajiban menutup aurat bagi wanita dalam Islam tentunya akan membuat wanita semakin terlindung, jadi menjadi wanita muslimah seutuhnya dengan menutup aurat dengan baik akan sangat menguntungkan bagi kita

kewajiban menutup aurat bagi wanita

Menutup aurat bagi sebagian wanita menjadi hal yang sulit dilakukan. Hal ini karena kita masih memiliki hasrat untuk tampil cantik dan menarik di mata banyak orang. Hal tersebut sangat wajar karena pada dasarnya wanita ingin selalu tampil cantik dan mempesona. Itulah yang membuat wanita menjadi salah satu perhiasan dunia.

Menjadi sebuah perhiasan yang cantik dan menarik banyak orang justru menjadi alasan mengapa wanita harus menutup auratnya agar tidak banyak orang tertarik dan ingin menyentuhnya. Demi menjaga kehormatannya, Islam memberikan kewajiban menutup aurat bagi wanita begitu mereka menginjak dewasa.

Kewajiban menutup aurat bagi wanita sudah diatur dengan jelas di dalam Al Quran. Jilbab adalah sebuah hal yang mendasar yang harus dikenakan seorang wanita begitu mereka menginjak usia dewasa. Dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 59 yang artinya

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha penyayang.

Ayat ini lah yang menjadi salah satu dasar mengapa hukum menutup aurat bagi wanita muslimah adalah wajib.

Selain Q.S. Al Ahzab ayat 59 menutup aurat dalam Islam juga diatur dalam Q.S. An Nur ayat 30-31 yang artinya

“katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkankan kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasan kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan juga janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Dua surat dalam tersebut diatas mengatur mengenai kewajiban menutup aurat bagi wanita. Hukum menutup aurat dalam Islam tersebut dapat menjadi patokan bahwasanya seorang muslimah wajib mengenakan jilbab dan pakaian yang tertutup.

Nah, kini kita perlu mengetahui apa itu jilbab dan apa bedanya dengan khimar serta selendang. Banyak orang beranggapan bahwa asalkan menutup kepala, mereka sudah berjilbab. Padahal, lebih dari itu, jilbab adalah sebuah pakaian yang lebih lebar dari kerudung atau khimar dan juga selendang. Pakaian tersebut menutup kepala sampai dengan dada. Untuk memenuhi hukum menutup aurat wanita dalam Islam tersebut, kita, sebagai wanita muslimah harus menutup aurat kita salah satunya dengan menggunakan jilbab.

Baca juga : Salah satu adab berpakaian dalam Islam

Jadi, kewajiban menutup aurat bagi wanita adalah hal yang mutlak. Oleh karenanya, mengenakan jilbab dan memakai pakaian yang menutup aurat adalah hal yang harus dilakukan setiap wanita muslimah. Hal tersebut sudah jelas disebutkan dalam beberapa ayat Al Quran seperti yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memantapkan diri memakai jilbab.

Loading...

Leave a Reply