Yuk Belajar Cara Menggunakan Tensimeter Manual (Jarum)

Cara menggunakan tensimeter jarum atau tensi aneroid sebenarnya cukup mudah, hanya perlu sedikit belajar dan berlatih agar terbiasa. Kebanyakan orang sekarang jarang yang mau menggunakan tensimeter manual. Alasannya sulit, nmun tahukah anda, tensimeter manual justru memiliki nilai akurasi yang lebih mendekati kebenaran daripada tensimeter digital.

cara menggunakan tensimeter jarum

Mengapa bisa begitu ? Tensimeter manual tidak menggunakan sensor elektronik, jadi kepastiannya ditentukan oleh manusia yaitu yang melakukan pengukuran. Oleh karena itu, bila anda benar – benar serius dalam pengukuran. Hasilnya lebih akurat dan bisa dipertanggung jawabkan.

Untuk anda yang belum tau atau belum bisa menggunakan tensimeter manual, berikut ini saya bagikan langkah – langkah atau cara menggunakan tensimeter jarum atau tensi aneroid.

  • Siapkan tensimeter jarum anda dan stetoskop
  • Bila anda akan mengukur diri anda sendiri, maka pasanglah manset pada pergelangan tangan kiri anda dengan benar
  • Kemudian posisikan manometer agar mudah anda amati dan tidak bergerak- gerak
  • Pasang stetoskop di telinga anda, dan tempatkan kepala stetoskop di pergelangan tangan yang paling mudah terdeteksi nadinya. Ikatlah dengan karet atau tali lainnya agar posisi kepala stetoskop tetap menempel di lengan anda
  • Genggam balon tensi dengan tangan kanan anda, dan posisikan ibu jari dan jari telunjuk memegang katup pelepas tekanan, pada tensimeter.
  • Popma balon tensi hingga jarum menunjuk angka 180 mm/hg, kemudian lepaskan katup pelepas tekanan perlahan – lahan
  • Amati manometer dan dengarkan bunyi nadi dengan benar.
  • Catat angka dimana anda pertama kali mendengar denyut nadi paling keras, itulah “sistolik”, dengarkan terus dan catat angka ketika suara itu hilang dan terdengar seperti desir angin, dan inilah “diastolic”

Anda bisa mengulanginya beberapa kali sebagai bahan latihan anda, untuk mengasah ketajaman anda menggunakan tensimeter manual. Salah satu kelebihan tensimeter manual (jarum) dibandingkan dengan yang lain adalah nilai akurasinya yang tidak tergantung pada sensor elektronik yang bisa saja salah ketika posisi manset tidak benar, atau pada saat baterai tidak terisi penuh.

Baca juga : Inilah makanan yang layak anda konsumsi untuk menjaaga kesehatan 

Bagaimana ? Apakah sekarang anda sudah bisa menggunakannya ? Tunggu apa lagi ? Segera datang ke toko alkes yang jual tensimeter di dekat rumah anda dan segera praktekan untuk mengukur tekanan darah anda sendiri. Karena alat ini termasuk alat kesehatan home care yang bisa anda sediakan di rumah untuk perawatan kesehatan anda dan keluarga sehari – hari. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply