Adab Berpakaian dalam Islam : Memakai Alas Kaki dengan Benar

Kita ketahui bahwa berpakaian merupakan hal dilakukan setiap orang setiap harinya. Sebagai seorang muslim, kita tentunya diajarkan cara mengenakan pakaian yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan yang diajarkan Allah SWT serta Rasulullah SAW. Adapun tata cara atau adab berpakaian dalam Islam mengatur bagaimana berpakaian yang baik bagi lelaki maupun bagi perempuan. Nah, tata cara tersebut ada bermacam-macam. Kali ini kita akan membahas hal yang paling sederhana dan mendasar. Mengenai cara memakai pakaian dan alas kaki. Mari kita simak bersama. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

Sebelah Kanan Dulu, Baru Sebelah Kiri

Adab berpakaian dalam Islam mengatur tata cara mengenakan pakaian dan alas kaki. Caranya adalah dengan mendahulukan yang kanan. Hal ini merupakan salah satu sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Jika Anda hendak mengenakan pakaian, hendaklah mendahulukan mengenakan dari sebelah kanan terlebih dahulu, baru sebelah kiri. Adapun dasar pokok dari sunnah tersebut adalah dari aisyah ummul mukminin.

adab berpakaian dalam Islam

Beliau berkata bahwa “Nabi shallAllahu ‘alaihi wa sallam suka mendahulukan yang kanan ketika bersuci, bersisir, dan memakai sandal.” (HR Bukhari dan Muslim). Menanggapi hadist tersebut, adapun Imam Nawawi berkata bahwa hadist tersebut mengandung kaidah yang baku di dalam syariat. Maksudnya segala sesuatu yang bernilai dan mulia maka sebaiknya mendahulukan bagian kanan termasuk saat mengenakan pakaian, celana, sandal, sepatu, masuk ke dalam rumah, menggosok gigi, makan dan minum, dan lain sebagainya.

Adab berpakaian menurut syariat Islam dengan mendahulukan yang sebelah kanan terlebih dahulu tersebut dapat dengan mudah Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena adab berpakaian dalam Islam tersebut sangat mudah dilakukan dan menjadi sebuah kebiasaan. Untuk menjadikannya sebuah kebiasaan, tentunya kita harus berusaha melakukannya setiap saat sehingga tubuh Anda akan refleks dan mengingat tiap kali berpakaian dan melakukan hal lainnya.

Memakai Alas Kaki yang Baik

Adab berpakaian dalam Islam juga mengatur bagaimana mengenakan alas kali yang baik. Seperti yang telah di bahas sebelumnya, adab berpakaian sesuai syariat Islam mendahulukan bagian yang kanan terlebih dahulu sebelum bagian yang kiri. Begitu juga saat mengenakan sandal atau alas kaki lainnya.

Hal ini seperti yang disampaikan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian memakai sandal, maka hendaklah dimulai yang kanan dan bila dicopot maka hendaklah dimulai yang kiri. Sehingga kaki kanan merupakan kaki yang pertama kali diberi sandal dan kaki terakhir yang sandal dilepas darinya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dari hadist tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa dalam memakai alas kaki hendaknya mendahulukan kaki sebelah kanan dan dalam melepasnya hendaknya dari kaki sebelah kiri terlebih dahulu.

Selain mengatur mengenai cara memakai dan melepas alas kaki, adab berpakaian dalam Islam juga melarang kita untuk memakai satu sandal saja. Tentu saja adab berpakaian dalam Islam beserta dalilnya ini termasuk salah satu yang sebaiknya Anda patuhi. Hal ini karena memakai satu sandal saja termasuk makruh. Hal ini disampaikan dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika tali sandal kalian copot maka janganlah berjalan dengan satu sandal sehingga memperbaiki sandal yang rusak.” (HR. Muslim). Selain hadist tersebut, ada juga hadist lain. Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian menggunakan satu sandal. Hendaknya kedua sandal tersebut dilepas ataukah keduanya dipakai.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Adab tersebut merupakan anjuran, bukan merupakan suatu kegiatan yang hukumnya wajib. Adab memakai sandal tersebut termasuk adab berpakaian menurut Islam bagi laki laki dan juga adab berpakaian dalam Islam bagi perempuan. Maksudnya, baik laki-laki maupun perempuan dianjurkan melakukan hal tersebut.

Nah, itu tadi bahasan mengenai ada menggunakan alas kaki dalam Islam. Selain karena hadist Rasulullah SAW, adab berpakaian dalam Islam yang berupa pelarangan menggunakan satu sandal saja juga memiliki sebab yang logis. Sebab larangan tersebut adalah karena hal tersebut menjadi tidak pantas dilihat. Orang yang hanya menggunakan satu alas kaki akan tampak cacat dan membuat penggunanya kesulitan berjalan. Bisa jadi menyebabkan seseorang terpeleset.

Baca juga artikel sebelumnya : Inilah sebabnya mengapa burung berkicau di pagi hari

Leave a Reply