Mana yang Lebih Baik? Mandi Air Panas Atau Air Dingin?

AmatiNews – Mandi merupakan kegiatan rutin kita sehari-hari yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, minimal dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore atau petang. Yang perlu diketahui perihal mandi ini adalah ternyata ketika kita mandi dengan suhu air yang berbeda, dampak yang diberikan ke tubuh kita pun akan berbeda. Mana sebenarnya yang lebih baik antara mandi dengan air panas/hangat atau mandi dengan air dingin?

Sebenarnya mandi dengan air panas atau dingin, keduanya sama-sama memiliki khasiat untuk kesehatan. Namun tentu khasiatnya berbeda-beda, sehingga kita harus bisa menyesuaikan mana mandi yang perlu dilakukan sesuai dengan kondisi atau keadaan kita.

Mana yang Lebih Baik? Mandi Air Panas Atau Air Dingin?

Untuk membantu Anda menentukan pilihan mana mandi yang sesuai dengan dengan kondisi anda, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mandi air panas dan mandi air dingin :

Mandi Air Panas atau Hangat

Di dalam mandi air panas hal yang harus anda perhatikan adalah suhu airnya tidak lebih tinggi dari 44 derajat celcius dan jangan mandi terlalu lama cukup sekitar 5-10 menit saja.

Beberapa manfaat mandi air hangat atau panas bagi kesehatan yang bisa kita peroleh diantaranya adalah :

  • Melancarkan persedaran darah : dengan kita mandi air panas atau hangat maka akan membuat otot menjadi lemas dan peredaran darah pun menjadi lancar.
  • Mengurangi Stress : berdasarkan penelitian ternyata air panas mampu merangsang otak untuk menghasilkan hormon oksitosin. Hormon ini bertugas untuk membuat Anda merasa lebih senang dan nyaman.
  • Mencegah Insomnia : jika Anda sering mengalami masalah insomnia atau susah tidur, cobalah untuk mandi air panas atau hangat sebelum tidur.

Seperti sudah saya sebut diawal tadi bahwa mandi air hangat jangan terlalu lama, karena jika demikian bukan kesehatan yang didapatkan yang ada malah akan muncul hal-hal yang tidak dinginkan seperti kulit kering atau pecah-pecah, rambut bercabang dan bisa menyebabkan tekan darah menurun secara tiba-tiba.

Mandi Air Dingin

Mandi air dingin tentunya menjadi pilihan ketika suhu sedang panas. Yang perlu dicatat adalah adalah bahwa suhu air dingin yang ideal untuk mandi adalah sekitar 21 derajat celcius.

Beberapa manfaat mandi air dingin diantaranya adalah :

  • Menyegarkan Pikiran
  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Dan Juga Bisa Meredakan Depresi

Selain manfaat diatas ada juga beberapa resiko yang bisa terjadi ketika kita mandi air dingin jika tidak memperhatikan suhu air dan kondisi tubuh, diantaranya adalah : Pembuluh darah menyempit, hipotermia serta denyut nadi melemah.

Demikian tadi adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mandi air panas/hangat dan juga mandi air dingin. Sebenarnya keduanya memiliki manfaat masing-masing, dimana kita harus bisa menyesuaikan mana yang sesuai dengan keadaan dan kondisi tubuh kita.

Loading...

Leave a Reply